Menangkan Hati Konsumen dengan Packaging Jitu

Hasil penelitian Innventia.com mengungkapkan bahwa konsumen melihat produk selama kurang dari 1 detik saat berbelanja di supermarket.  Bayangkan jika Anda adalah salah satu dari ratusan produk di rak toko. Bagaimana caranya memikat konsumen dalam waktu sesingkat itu? Kemasan produk sebagai elemen yang langsung dilihat konsumen bisa jadi menentukan segalanya.

Packaging telah melampaui fungsi dasarnya sebagai pembungkus produk. Kemasan adalah “silent salesman” di rak-rak toko yang berdampak langsung pada pembelian. Hal ini didukung oleh penelitian dari Innventia yang menjelaskan bahwa konsumen memberikan 85% perhatiannya pada packaging dan 15% sisanya pada label harga. Dengan kata lain, packaging mempengaruhi hampir seluruh keputusan pembelian. Menyadari hal ini, tentu Anda tidak ingin packaging yang biasa saja bukan? 

Seiring perkembangan teknologi informasi dan tren pasar, konsumen juga semakin cerdas dalam memilih produk. Anda tidak bisa hanya mengandalkan packaging fungsional dan eyecatching untuk memenangkan hati mereka. Di sinilah branding dapat menjadi nilai tambah bagi produk Anda dibanding yang lain. Packaging didesain tidak hanya untuk menarik minat, tetapi juga memberikan value lebih seperti kedekatan emosional dengan konsumen. 

Salah satu contoh penerapan branding pada packaging dapat kita amati pada air mineral Aqua. Turut memperingati kemerdekaan Republik Indonesia di Agustus ini, Aqua meluncurkan kemasan nuansa merah putih.  Terdapat elemen batik mega mendung dan burung cendrawasih serta tulisan SAYA INDONESIA diikuti tagar #TemukanIndonesiamu. Kampanye ini sebenarnya telah dimulai sejak 2013 untuk melestarikan nilai budaya Indonesia melalui kompetisi fotografi dan desain grafis. Karya pemenang kompetisi dipasang di kemasan botol Aqua. 

Walaupun brandnya sudah tak asing lagi di telinga Anda, Aqua tetap berinovasi agar terus menjadi brand yang top-of-mind. Ingatan konsumen kembali tersegarkan karena muncul campaign dan kemasan baru. Melalui campaign #TemukanIndonesiamu, Aqua semakin melekatkan identitas brandnya dengan orang Indonesia. Brand ini berkontribusi dalam menumbuhkan rasa nasionalisme dan kebanggaan sebagai orang Indonesia. Inilah contoh teknik branding pada kemasan yang tidak hanya menarik dilihat, tetapi juga menarik hati secara emosional.

Teamwork Communication Industry mengkolaborasikan nilai  budaya lokal dan karakter brand dalam setiap branding identity yang dirancang. Semua bertujuan untuk mengkomunikasikan identitas dan nilai brand secara maksimal pada target market. Branding yang jitu tidak hanya menarik mata, tetapi juga menarik hati konsumen Anda.