Teamwork Bagi-Bagi Ilmu ke Mahasiswa Internasional

Hari Kamis, 19 Oktober 2017 terlihat beberapa wajah asing dari berbagai negara memasuki kantor Teamwork di Jalan Raya Suko 8A, ada apa ya?

Rupanya Teamwork menerima kunjungan dari Guru Besar Bidang Kajian Media, Prof. Dra. Rachmah Ida, M. Comms, PhD beserta enam orang mahasiswa asing dari program pertukaran pelajar AMERTA Universitas Airlangga Surabaya. Mereka adalah Nadia, Lidia, dan Theo dari Perancis, Thomas dari Belanda, dan Dennis dari Jerman. Mahasiswa semester 1 ini tergabung dalam kelas Consumer Culture yang dipimpin oleh Prof. Ida.

Sebagai laboratorium pembelajaran mahasiswa, Teamwork membagikan informasi perkembangan dunia marketing dan komunikasi di Indonesia. Para peserta dengan aktif turut menceritakan tren periklanan di negaranya asalnya. Tiap tempat memiliki tren yang unik karena dinamika masyarakat yang berbeda pula.

Misalnya fenomena car branding yang sering kita temui di Indonesia ternyata sangat jarang dijumpai di Eropa. Kemacetan di kota besar merupakan peluang beriklan yang baik di Indonesia, sedangkan masyarakat Eropa yang biasa memakai transportasi umum tidak mengalami hal yang sama.

Peningkatan pesat tren digital advertising seperti di media sosial dan native advertisement dirasakan tak hanya di Indonesia namun juga di berbagai negara. “Yes, digital ads is also increasing in Germany, but the trend might be not as big as Indonesia because people here really loves to take photos and put it in social media (ya, iklan digital juga meningkat di Jerman, tetapi trennya mungkin tidak sebesar di Indonesia karena orang-orang di sini sangat suka mengambil foto dan memasukkannya di media sosial),” ujar Dennis dari Jerman.   

Di samping itu, para peserta juga dapat mengamati berbagai proses di Teamwork, mulai dari konsultasi, desain, hingga produksi. Nadia dari Perancis yang menggemari bidang marketing mengungkapkan, "I really enjoyed this visit! I learn a lot about youth and Indonesian consumer culture. I also enjoyed seeing the office, it's really a pleasant place to work." (saya sangat menikmati kunjungan ini! Saya belajar banyak tentang generasi muda dan budaya konsumen Indonesia. Saya juga menikmati melihat-lihat kantor, tempat yang nyaman untuk bekerja)

Terus belajar dan sukses selalu ya!