Meningkatkan Loyalitas Konsumen dengan Brand Building

Saat ini brand menjadi hal yang sangat penting. Jika produk Anda tidak dinaungi oleh brand, maka produk itu tidak akan mendapatkan perhatian dari siapapun.

Bahkan, tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan uang begitu banyak untuk membeli produk keluaran brand terkenal. Mereka bukan lagi membeli produk, melainkan membeli brand. Sehingga, bisa dikatakan bahwa brand kini lebih penting ketimbang produk.

Tidak sedikit juga brand besar milik satu perusahaan diakuisisi dengan harga yang mahal oleh perusahaan kompetitornya. Perusahaan kompetitor itu bukanlah membeli produk milik perusahaan yang menjadi pesaingnya, melainkan semata-mata untuk  membeli brand.

Namun, membangun brand bukanlah perkara mudah. Membangun brand membutuhkan strategi yang canggih dan prima. Strategi tersebut adalah strategi cultural  movement atau pergerakan kultural.

Strategi pergerakan kultural dapat meningkatkan dominansi dari brand Anda. Strategi cultural movement  adalah strategi mendekatkan brand dengan unsur kebudayaan atau suatu komunitas yang menjadi target marketnya. Orang-orang tersebut akan menjadi loyal pada brand Anda karena terasa dekat dengan kehidupan mereka sehari-hari.

Dengan strategi cultural movement,  brand Anda bisa menguatkan media sosial dan teknologinya dengan lebih baik karena memegang kepercayaan kuat dari komunitas tertentu.

Anda juga bisa mengarahkan brand untuk membentuk suatu komunitas atau pergerakan yang tidak bisa dilakukan produk tanpa brand. Brand bahkan bisa menggerakkan sekelompok orang untuk melakukan kegiatan yang berpengaruh bagi kehidupan masyarakat luas.

Tanpa branding, tidak akan ada perbedaan antara satu produk dengan produk lain yang sejenis. Produk yang tidak memiliki brand juga tidak akan pernah bisa mendapatkan keuntungan besar. Terutama di masa sekarang, di mana orang lebih loyal pada brand tertentu untuk alasan mereka masing-masing. Utamanya di era digital dan ketika perkembangan market tumbuh pesat di negara dunia ketiga, seperti Indonesia.

Keloyalan konsumen akan bisa membuat brand Anda melakukan apa saja, termasuk menginspirasi para penggunanya dengan kampanye kebaikan. Namun tanpa strategi brand building yang kuat, keloyalan tersebut juga akan sulit Anda dapatkan.