Promosikan Bisnis Barumu di Instagram

Ketika membuat usaha atau bisnis baru, pasti kita ingin agar bisnis kita mendapatkan banyak customer. Salah satu cara terbaik untuk dapat dijangkau oleh banyak orang adalah dengan mempromosikan bisnis baru kamu di platform yang memiliki jutaan pengguna di seluruh dunia. Misalnya, sosial media Instagram.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Instagram telah memegang peranan penting dalam membangun sebuah brand. Dari mulai selebriti, blogger, restoran, semuanya mempromosikan brand di Instagram. Apalagi karena setiap orang kini selalu menyempatkan waktu mereka untuk mengakses laman sosial media.

Meskipun Instagram memiliki 800 juta pengguna di seluruh dunia, namun tetap dibutuhkan strategi untuk memasarkan produk di Instagram.

Tarik Perhatian Audiens

Bagaimana cara menarik perhatian orang lain untuk melihat akun Instagram bisnis kamu?

Instagram adalah tempat yang tepat untuk menunjukkan “behind the scenes” atau di balik layar dari bisnis yang kita lakukan. Hal itu juga untuk menarik kepercayaan dari orang lain bahwa perusahaan yang kita miliki adalah perusahaan atau bisnis resmi yang memiliki karyawan yang bekerja dengan baik.

Instagram menyediakan akses bagi penggunanya untuk melihat dunia. Orang ingin mengetahui apa yang kita lakukan dan ingin menjadi orang pertama yang mengetahui jika ada barang atau jasa menarik yang kita tawarkan.

Selain itu, Instagram juga tempat yang tepat untuk memperkenalkan perusahaan dan orang-orang di dalamnya secara personal. Mislanya dengan menunjukkan karyawan yang terlihat menikmati pekerjaannya. Cara tersebut akan menarik followers baru.

800 juta pengguna Instagram tentu menjadi ladang bagi para wirausahawan untuk mendapatkan pelanggan.

Membuat Akun Bisnis yang Efektif

Membuat akun Instagram memang mudah. Tapi, banyak hal yang harus dilakukan agar akun Instagram usaha kita menarik perhatian banyak orang.

1. Pasang Tujuan Jelas

Buatlah roadmap yang jelas tentang apa dan kemana usaha tersebut akan menuju. Apa tujuan utama kita? Untuk menjual produk kah? Untuk menarik perhatian banyak orang kah? Tentukan tujuan.

2. Tentukan Strategi Pengembangan

Ketika kita membuat laman Instagram baru, rating kita masih ternilai bagus. Apa yang kita lakukan dengan akun tersebut selanjutnya, akan bisa menentukan rating akun Instagram kita.  Beberapa akun yang melakukan atau memposting hal yang tidak selayaknya, bisa kehilangan followers dan membuat orang-orang melaporkan akun mereka sebagai spam.

Ciptakanlah strategi pengembangan yang konservatif dengan mempertahankan foto profil, memposting foto asli, dan secara aktif meninggalkan komentar di akun yang memiliki bisnis yang sama dengan kita.

Jangan mudah tertarik dengan aplikasi atau website penyedia jasa penambah followers atau likes, hanya karena ingin cepat tenar. Lebih baik berkembang perlahan dengan sehat meski membutuhkan waktu lebih lama.

3. Implementasikan Strategi Pengembangan yang Baik

Nah, sekarang bagaimana untuk mengimplementasikan strategi pengembangan tersebut?

Yang terpenting adalah konten yang kita posting. Penuhi akunmu dengan foto yang bagus dan memiliki kualitas tinggi. Padukan dengan caption foto yang bisa menarik perhatian orang lain.

Kemudian temukan akun influencer di sekitarmu. Jangan pernah mengirimkan banyak pesan spam. Tapi, lebih baik follow akun tersebut dan akun lain yang dia ikuti. Akan lebih baik lagi jika kita berhasil menarik perhatian influencer tersebut dan mendapatkan likes pada foto kita darinya. Power likes dari akun dengan lebih dari 100.000 followers akan mempengaruhi akun kita.

Jangan lupa untuk tetap konsisten dengan strategi tersebut dan keep on track. Lanjutkan dengan memposting 2-3 konten setiap harinya.

4. Manfaatkan Feature Page

Feature page adalah laman di Instagram yang menampilkan konten paling populer pada tema spesifik. Yang perlu kita lakukan cukup mudah. Yaitu memilih konten yang cocok dengan tema bisnis kita, lalu posting foto tersebut di akun kita dengan caption yang catchy.

Tujuannya adalah untuk menarik followers aktif dan setia yang tertarik dengan bisnis kita. Lakukan sampai akun kita memiliki followers setia, kemudian baru posting produk secara berkala.

Butuh Waktu

Kesuksesan tidak bisa didapatkan secara instan. Kesuksesan yang didapat secara instan biasanya tidak akan bertahan lama. Maka lebih baik bersabar dan terus konsisten dalam mengembangan strategi pemasaran di Instagram.

Awali dengan strategi selama 3 bulan, kemudian lakukan evaluasi di akhir bulan ketiga. Ubahlah strategi yang kurang berhasil pada 3 bulan pertama.

Jangan lupa untuk mengecek respon orang-orang pada postingan, hashtag, atau caption yang kita buat. Jangan pernah takut untuk mengubah strategi sampai kita mendapatkan hasil yang kita inginkan.