Optimalkan Sosmed Bisa Membuat Brand Melejit

 

      Media sosial sudah menjadi platform penting dalam kehidupan di era digital. Banyak orang lebih senang membaca berita melalui media sosial dibandingkan menonton televisi, mendengarkan radio, maupun membaca koran. Tentu ini menjadi lahan yang bagus untuk mendukung branding produk yang anda punya. Ada beragam media sosial dengan fungsi yang berbeda. Facebook, Instagram, Twitter, dan Youtube adalah empat platform media sosial utama saat ini. Anda pun harus mengenal karakteristik masing-masing media sosial tersebut untuk mengetahui cara mengoptimalkan penggunaannya dalam hal branding.

 

1.      Facebook

Facebook adalah media sosial terbesar dengan 2,19 miliar pengguna aktif setiap bulannya. Jumlah tersebut tentu menjadikan Facebook platform terbaik untuk membangun branding produk dan menciptakan brand awareness. Anda juga bisa menarik perhatian konsumen melalui Facebook jika menggunakannya secara tepat.

Branding lebih tepat jika menggunakan fitur Facebook Business Page. Pastikan Facebook Page anda diperbarui secara berkala agar pengguna Facebook yang mengunjungi Facebook Page anda bisa mendapatkan informasi yang mereka inginkan secara lengkap. Dengan begitu, mereka akan merasa terbantu dan menilai brand anda professional.

2.      Instagram

Instagram adalah media sosial berbasis visual, baik gambar maupun video. Instagram secara cepat menjadi social network yang diminiati khalayak. Kita semua lebih suka melihat gambar dan menonton video ketimbang membaca tulisan, karena hal tersebut pula instagram menjadi platform branding yang efektif.

Instagram memiliki influencer yang disebut sebagai selebgram. Maksimalkan keberadaan mereka dengan merekrutnya untuk mempromosikan produk dan brand anda. Pilihlah selebgram yang sesuai dengan produk dan brand anda, sehingga audiens akan merasa tertarik. Selain itu maksimalkan Stories di Instagram dengan konten yang menarik untuk membangun brand anda.

3.     Twitter

Berdasarkan Social Media Examiner, Twitter adalah platform media sosial kedua yang paling banyak digunakan oleh marketers, yaitu sebanyak 79%. Twitter sebenarnya adalah situs micro blogging dengan batas jumlah karakter sebanyak 280 dalam satu tweet. Pengguna juga bisa menambahkan foto maupun video dalam setiap tweet mereka.

Twitter bisa dimaksimalkan agar pengguna lain mengikuti brand anda, mengeklik alamat website brand anda, dan membangun brand serta brand awareness. Pastikan tampilan Twitter brand atau produk anda memiliki penampilan yang sama dengan profil media sosial yang lain. Gunakan foto berkualitas tinggi sebagai foto profil dan tuliskan bio dengan jelas mengenai brand anda.

4.     Youtube

Youtube adalah situs dan aplikasi menonton video yang telah membangun komunitas pengunggah video yang disebut sebagai Youtuber. Menjadikan Youtube sebagai platform branding berarti menyanggupi untuk membuat konten video berkualitas, diperlukan peralatan terbaik untuk menghasilkan video yang high resolution juga konten menarik yang harus disajikan secara rutin.

Sebelum melakukan branding di Youtube, ada baiknya anda melakukan riset pada para youtuber yang memiliki banyak subscriber dan penonton dalam setiap video mereka. Rencanakan konten yang akan anda tampilkan dan sesuaikan dengan brand anda. Jangan ragu untuk berkolaborasi dengan para vlogger atau video maker yang sudah tak perlu diragukan lagi kehebatannya.