Membangun Kepercayaan Publik dengan CSR

            Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan tanggung jawab sosial perusahaan yang dilakukan secara berkelanjutan. CSR saat ini wajib dilakukan oleh setiap perusahaan untuk mengabdikan sebagian jumlah pendapatannya pada masyarakat sekitar. CSR ternyata juga memiliki banyak peran yang menguntungkan bagi perusahaan, antara lain bisa membantu meningkatkan pendapatan bisnis perusahaan, menarik perhatian partner kerja, dan meningkatkan hubungan antar karyawan menjadi lebih baik.

Perusahaan harus berkomitmen dengan sungguh-sungguh dalam pelaksanaan CSR. CSR seharusnya bisa dilakukan di lingkungan sekitar perusahaan dan memiliki efek positif bagi keadaan lingkungan dan sosial perusahaan. CSR yang dilakukan perusahaan haruslah tepat sasaran. Maka dari itu perlu untuk dilakukan riset atau survei awal sebelum menentukan agenda dan lokasi CSR. Pastikan CSR yang dilakukan perusahaan adalah hal paling darurat yang dibutuhkan oleh masyarakat di wilayah yang akan menjadi lokasi CSR.

Pelaksanaan CSR juga bisa membangun kepercayaan publik, karyawan, dan para stakeholder. Apapun isu yang diangkat dalam pelaksanaan CSR, pada umumnya bisa menjadi langkah efektif untuk lebih dekat dengan konsumen dan masyarakat. Karena membangun kepercayaan melalui pendekatan emosional lebih penting dibandingkan hanya sekadar memikirkan profit yang didapatkan.

Selain itu CSR bisa menarik kepercayaan masyarakat dengan lebih efektif dibandingkan dengan kampanye produk yang dilakukan sebuah perusahaan. Kegiatan CSR juga bisa membangun kerjasama dengan organisasi lokal yang bergerak terkait isu yang anda angkat, dimana kerjasama tersebut adalah langkah dan hubungan yang harus dijaga untuk kelanjutan kegiatan perusahaan selanjutnya.