6 Faktor E-Commerce Semakin Diminati Di Indonesia

 

Semakin tingginya penggunaan teknologi khususnya pengguna gadget dari berbagai usia, membuat perkembangan e-commerce semakin subur di Indonesia. Masyarakat secara perlahan mulai meninggalkan kebiasan berbelanja secara konvensional di toko dan beralih berbelanja secara online. E-commerce telah menjadi solusi media jual beli yang bisa menghemat waktu dan biaya. Konsumen bisa mengakses berbagai macam situs e-commerce, seperti amazon.com, ebay.com, , lazada.com, dan lain-lain dimana pun dan kapanpun. Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan e-commerce semakin diminati masyarakat Indonesia :

a. Indonesia merupakan dengan pertumbuhan ekonomi kelas menengah terbanyak di dunia, hingga 55 juta jiwa dimana semuanya bersifat konsumtif dan suka berbelanja.

b. Indonesia merupakan negara dengan pengguna media sosial sangat banyak, dengan  70% penggunanya berusia dibawah 40 tahun, sehingga penetrasi internet pun sangat tinggi. Dimana mereka menggunakan internet untuk mengakses mengenai informasi apapun.

c. Gadget sebagai media internet semakin banyak dijual dengan harga yang sangat terjangkau, sehingga menimbulkan gaya hidup digital serta budaya hedonisme dengan senang memamerkannya secara luas ke publik untuk meningkatkan popularitas.

d. E-commerce masih terhitung sebagai startup baru di Indonesia, dan hal yang baru akan selalu menjadi tren. Dengan kemudahan e-commerce menjangkau pasar lokal maupun mancanegara membuat masyarakat semakin mengabdi pada jual-beli e-commerce.

e. Sistem pembayaran di Indonesia juga semakin berkembang ke arah elektronik atau nontunai, seperti e-money atau e-cash.

f. Pemerintah sedang membangun berbagai proyek infrastruktur seperti jalan tol dan pelabuhan untuk memudahkan pengiriman barang dari luar kota maupun luar negeri.

Walaupun e-commerce memiliki sedikit kelemahan pada bagian membangun kepercayaan antara produsen dan konsumen, terlebih mengenai kualitas barang berharga murah, membuat konsumen yang melakukan proses jual beli secara online harus melakukan pencegahan dengan cara lebih teliti mencari e-commerce yang terpercaya dan mencari tahu informasi mendetail mengenai perusahaan e-commerce tersebut.