6 Kendala Yang Menghambat Pikiran Kreatif

 

Pernakah anda merasa tidak kreatif dan tidak bisa memecahkan masalah bahkan masalah kecil sekalipun? Setiap orang memiliki sisi dan bakat kreatif, anda hanya perlu belajar bagaimana cara mengeluarkan kemampuan anda.  Ada enam kendala utama yang dapat menghambat anda dalam berpikir kreatif. Belajarlah bagaimana menggunakan kemampuan anda untuk memecahkan berbagai masalah dan untuk meningkatkan kesuksesan dalam bisnis anda. Karena jika anda tidak menyadari kendala anda, pasti akan menjadi hambatan dalam berkembang.

1. Kurangnya tujuan dari diri anda dan orang lain

Kendala pertama dalam berpikir kreatif adalah kurangnya tujuan dan sasaran yang ingin anda capai. Tulislah dengan rinci tujuan anda dan rencanakan tindakan yang akan anda lakukan. Ketika semuanya jelas tentang apa yang Anda inginkan, dan bagaimana Anda akan mencapainya, maka pikiran kreatif anda akan hidup.

2. Takut untuk gagal

Kendala kedua dalam berpikir kreatif adalah takut untuk menghadapi kegagalan. Perasaan takut untuk salah dan membuat kesalahan, takut untuk kehilangan uang dan waktu. Ketika hal-hal tersebut terjadi, bukan pengalaman gagal yang menghalangi anda namun perasaan anda sendiri yang menghambat anda untuk berkembang.

3. Takut akan penolakan

Kendala ketiga dalam berpikir kreatif adalah takut akan kritikan, atau takut diejek, cemoohan atau penolakan. Hal ini dipicu oleh keinginan untuk disukai dan disetujui oleh orang lain, bahkan orang-orang yang Anda tidak tahu atau tidak peduli.

4. Jangan Mengubah atau Beradaptasi dengan Situasi

Sebuah kendala utama pemikiran kreatif disebut "homeostasis." Ini adalah keinginan bawah sadar yang mendalam untuk tetap konsisten dengan apa yang telah Anda lakukan atau katakan di masa lalu. Hal ini merupakan salah satu bentuk ketakutan untuk melakukan atau mengatakan sesuatu yang baru atau berbeda dari apa yang Anda lakukan sebelumnya.

5. Tidak Berpikir Proaktif

Kendala kelima untuk berpikir kreatif adalah pasif. Jika Anda tidak terus-menerus merangsang pikiran Anda dengan ide-ide dan informasi baru, maka anda akan kehilangan vitalitas dan energy yang sangat banyak seperti otot yang tidak pernah diregangkan.

6. Terlalu rasional dan tidak improvisasi

Kendala keenam dalam berpikir kreatif adalah terlalu rasional. Rasionalitas memang dibutuhkan untuk menjelaskan dunia dalam diri sendiri dan orang lain. Namun terus-menerus berpikir rasional menyebabkan Anda tidak bisa belajar untuk meningkatkan kinerja anda.

Ada dua alasan utama mengapa kreativitas penting dalam mencapai kesuksesan. Pertama, pemecahan masalah dan membuat keputusan adalah fungsi utama dari pengusaha. Kedua, masing-masing dari kita ingin membuat lebih banyak uang. Kita semua ingin menjadi lebih sukses dan menikmati status dan harga diri yang tinggi serta pengakuan. Kemampuan anda dalam memecahkan masalah adalah penentu utama dari berapa banyak yang telah anda capai.