Beberapa Posisi Penting Yang Mendukung Perkembangan Startup

Kini dunia entrepreneur semakin banyak diminati sebagai lahan berinvestasi. Startup yang unik dan dan besar bisa dibangun dengan adanya dana investasi yang besar pula, sedangkan orang yang hanya memilik dana terbatas bisa kreatif membuat startup kecil-kecilan. Akan tetapi, bukan hanya sekedar dana dan ide semata yang anda butuhkan dalam membangun dan menyukseskan bisnis startup anda. Inovasi tiada henti dan didukung oleh tim yang solid dan kompeten juga salah satu kunci utama kesuksesan bisnis anda. Dibawah ini merupakan beberapa posisi krusial yang harus anda perhatikan untuk mengembangkan bisnis anda :

1. Sales & Marketing

Dewasa ini semakin banyak perusahaan yang berani memberikan gaji standar plus komisi yang besar kepada tenaga sales. Semakin banyak pula pelatihan tenaga sales untuk bisa melakukan penjualan produk secara efektif dan modern. Sebab, sales merupakan salah satu ujung tombak perusahaan dalam menjual suatu produk, untuk meyakinkan konsumen agar tetap membeli produk tersebut. Selain sales, jantung penjualan perusahaan sebenarnya berada pada Marketing. Marketing bertugas membuat image branding produk yang baik dan positif di masyarakat, serta membangun brand awarness produk yang akan sangat berpengaruh untuk meningkatkan omset penjualan perusahaan.

2. Finansial

Saat baru memulai bisnis startup, mungkin posisi ini bukanlah posisi yang krusial, tetapi seiring berkembangnya startup anda, anda akan sangat membutuhkan tenaga finansial untuk mengatur pembukuan mengenai pengeluaran dan pendapatan, serta mencari dana maupun mengatur aliran dana perusahaan.

3. Humas

Humas adalah jembatan startup anda dengan masyarakat. Tenaga humas akan membantu anda untuk membangun hubungan yang positif antara startup anda dengan masyarakat serta dengan investor, contohnya memalui CSR.

4. HRD

Merekrut SDM yang handal dan berkualitas akan lebih efisien bila ada tenaga profesional HRD yang bisa membuat dan menjalankan sistem perekrutan yang baik. HRD dapat menilai dengan baik SDM mana yang cocok untuk bergabung dengan startup anda.

5. Posisi yang Mengatur Legalitas

Legalitas merupakan hal yang penting untuk membangun startup, anda memerlukan SDM profesional yang dapat mengatasi perihal hukum dan legalitas perusahaan agar perusahaan anda dapat bertahan dalam persaingan bisnis yang semakin menggila.

Jangan pernah meremehkan beberapa posisi diatas, selalu perlakukan mereka layaknya partner bisnis anda. Rangkulah mereka untuk bekerjasama agar menjadi tim yang solid, agar terwujud startup yang anda inginkan.