Bisnis Digital Bisa Dihidupkan Hanya Dengan Media Sosial

 

Tidak bisa dipungkiri semakin berkembangnya jaman, usaha atau bisnis digital kini semakin merajalela. Bisnis digital dapat berkembang pesat hanya dengan bantuan media sosial. Kita tidak perlu repot membangun toko, atau bahkan membuat situs sendiri, agar orang lain bisa melihat produk kita. Selain itu kita tidak perlu membangun cabang toko fisik di manapun. Kita cukup memotretnya atau memvideokannya, lalu pajang di akun media sosial bisnis kita. Selain itu, dengan kita melakukan penjualan secara digital, usaha kita bisa diketahui oleh hampir semua umur, karena tidak bisa dipungkiri semua orang sekarang sudah mempunyai smartphone sendiri. Dari yang muda sampai yang tua.

Media sosial juga adalah tempat pembeli bisa berinteraksi membicarakan produk kita. Kita bisa menambahkan foto atau video produk kita dengan caption yang yang menarik, memasukkan keyword yang mudah dicari di Google, dan menggunakan hastag ketika posting. Setelah melakukan pembelian, para pembeli akan memanfaatkan media sosial untuk membuat testimonial yang berfungsi menjaga eksistensi kita di dunia maya sebagai penjual yang baik dan terpercaya. Dan hal itu lebih memberikan dampak yang besar dengan biaya yang murah daripada jenis promosi yang lain.

Beberapa saran lain, jika menemukan ide untuk nama sebuah produk, kita harus membuatkan akun media sosialnya terlebih dahulu. Karena jika ingin memakainya nanti, tetapi nama itu sudah dipakai atau sudah ada yang punya secara viral di media sosial, maka akan susah untuk mencari nama lain untuk produk tersebut. Dan banyak aplikasi-aplikasi gratis yang bisa kita gunakan untuk mengurangi biaya promosi, contohnya dengan menggunakan Facebook Ads, Instagram, atau mini blog seperti Tumblr atau Pinterest.