Branding Agency dalam Mengelola City Branding

Dewasa ini city branding menjadi fenomena yang banyak terjadi di Indonesia. Umumnya dalam city branding, identitas, symbol, logo, atau merk yang melekat pada suatu daerah akan diekploitasi untuk meningkatkan potensi pariwisata dan kunjungan wisatawan di daerah tersebut.

Pada konteks ini, branding agency mempunyai peran penting dalam fenomena city branding. Branding agency yang merupakan salah satu layanan jasa khusus membuat, mengelola, serta mengatur strategi sebuah brand agar semakin dikenal oleh masyarakat luas, secara otomatis akan semakin dicari dan diminati.

Menurut Kavaratzis 2004, dinamika kota terdiri dari investasi,pariwisata,sumber daya dan isu-isu sosial serta menciptakan lingkungan yang unik yang membedakan antara kota satu dengan yang lainnya. City branding menjadi salah satu cara jitu untuk membuat suat kota berbeda dengan kota-kota yang lain. Hadirnya branding agency membantu pemerintah di setiap kota untuk meningkatkan target kunjungan untuk wisatawan mancanegara kurang lebih 15%, dan wisatawan nusantara kurang lebih 20%.