Buyer VS Unique Packaging

Memiliki produk untuk dijual belum bisa memastikan sebuah brand akan mendapatkan konsumen sesuai harapan dengan tingkat pembelian yang optimal. Sebuah produk harus didesain dengan unik agar konsumen merasa ingin dan butuh untuk membeli produk tersebut.

Banyak perusahaan yang melibatkan konsumen dalam desain produk mereka. Konsumen pun kerap mengungkapkan kebutuhan yang ingin mereka nikmati dalam produk yang ada di pasaran. Dengan begitu, perusahaan dapat mengerti secara tepat apa keinginan konsumen dan berusaha untuk mewujudkannya.

Desain yang baik adalah desain yang bisa berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dari konsumen. Jika perusahaan tidak mengerti apa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen, maka perusahaan tersebut akan collapse. Meskipun suatu perusahaan sudah menghabiskan banyak waktu dan uang untuk riset dan pengembangan produk, jika konsumen tidak menyukainya maka produk tersebut akan gagal ketika sudah berada di pasaran.

Strategi desain produk yang biasa digunakan oleh perusahaan adalah pendekatan design-to-cost (D2C). Inilah kesalahan utama banyak perusahaan, karena D2C lebih fokus pada keinginan perusahaan tersebut untuk mengembangkan, membuat, serta menjual produk mereka tanpa memperhatikan keinginan konsumen. Singkatnya, D2C diterapkan perusahaan dengan melihat ke internal (ke perusahaan itu sendiri) tanpa melihat ke external (ke konsumen mereka) dan itu adalah langkah yang salah.

Perusahaan harus mulai untuk melihat keadaan external dan menerapkan strategi desain produk yang bernama design-to-X (D2X). Yang berarti membuat dan mendesain produk berdasarkan faktor X yang diinginkan konsumen dan bisa diterjemahkan lewat desain produk mereka.

Ketika perusahaan membuat desain produk dengan berdasarkan D2X, mereka akan mendapatkan pandangan lebih dekat terhadap konsumen yang selama ini setia pada produk-produk mereka. Bagian atau fitur yang ternyata tidak diminati oleh konsumen juga bisa dihilangkan atau dikurangi, tidak hanya pada salah satu produk tapi pada keseluruhan produk di perusahaan tersebut.

Desain produk yang baik akan meningkatkan pembelian dari konsumen. Terutama jika perusahaan fokus untuk memberikan produk yang inovatif, dengan fitur yang dibutuhkan konsumen.

 

Sumber: Forbes