Closing Sales, Cepat dan Mudah

 

 

Setiap pelaku bisnis selalu ingin meningkatkan penjualan. Proses yang dilakukan untuk mencapai peningkatan penjualan selalu berawal dari menarik perhatian (attention), membangkitkan minat (interest), membangun hasrat (desire), dan membuat konsumen melakukan suatu tindakan (action), sehingga nantinya akan menciptakan sebuah closing deal.

Closing akan berhasil jika kita berada pada situasi win-win solution. Jika hanya satu pihak saja yang merasakan keuntungan, tidak akan ada transaksi yang berjalan lancar.

Dari mana anda tahu keadaan manakah yang tepat untuk melakukan closing? Seiring berjalannya waktu anda melakukan prospek, akan muncul sinyal dari konsumen anda. Jika konsumen anda terdorong untuk membeli dan mereka siap membeli produk anda, segeralah lakukan closing deal. Pada dasarnya untuk melakukan closing sales yang baik adalah berawal dari bagaimana kita memahami kondisi prospek yang dilakukan.

Usaha untuk mencapai closing sales ini juga tak semata-mata mudah untuk dicapai. Seringkali hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan target. Tapi hal ini wajar karena marketer professional bukan hanya bertujuan untuk melakukan transaksi penjualan, melainkan juga membangun hubungan baik dengan perusahaan lain.

Untuk mempermudah target yang anda ingin capai, cobalah lakukan beberapa hal ini :

1.  Perbanyak usaha dibandingkan berharap

Terlalu antusias untuk mencapai target, terkadang membuat anda semakin terlihat tidak dapat dipercaya.

2.   Fokus pada tujuan anda

Fokus dengan kebutuhan target adalah hal yang dapat menunjukkan kepedulian dan professional anda dalam menangani konsumen.

3.   Hasil nyata

Sebelum melangkah untuk melakukan suatu prospek, pastikan diri anda adalah orang yang sangat memahami apa yang dibutuhkan oleh client. Ceritakan hasil terbaik yang pernah anda capai. Sehingga prospek tersebut akan datang sendiri mencari anda.

4.   Ketahui berapa banyak biaya yang dibutuhkan

Tampilkan solusi dengan biaya yang lebih ekonomis bagi prospek anda.

5.   Pastikan adanya komitmen dalam prospek yang anda lakukan

Fokuslah pada prospek yang memang memiliki komitmen dan serius untuk menyelesaikan masalah yang ada.