Digital Ads, Jawaban Tantangan Dunia Bisnis Modern

Persaingan ketat menerpa bisnis mulai dari skala kecil hingga besar. “Dunia retail saat ini sangat sulit, begitu banyak tantangan yang dihadapi oleh pebisnis sekarang. Kalau tidak bisa berkembang, bisnis besar sekalipun bisa terancam tutup,” ujar Bapak Anka P. Djatmika, General Manager Digital Advertising Regional Sales Telkomsel dalam acara Disrupting Conventional Advertising with Digital 2017. Persaingan sengit ini membuat pebisnis memeras otak untuk mengembangkan usahanya melalui berbagai cara, salah satunya dengan beriklan.

Melihat peran vital advertising bagi bisnis, tentu kita tidak boleh sembarangan beriklan. Selain konten dan desain jempolan, Anda harus memilih media dengan tepat supaya iklan tersampaikan pada target market. Memasang iklan di mana saja tanpa mengenali karakter konsumen sama saja dengan pemborosan uang. Iklan yang keren akan sia-sia jika target market Anda tidak melihatnya.

Perkembangan teknologi saat ini memberi banyak pilihan media di samping media konvensional seperti billboard dan poster. Muncullah online & digital advertising yang memanfaatkan internet untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Teks, gambar, audio, video, hingga konten interaktif dapat dihadirkan dalam digital ads. Beberapa contoh iklan digital antara lain sponsored post di sosial media, iklan di website, email marketing, location based Ads, dan sebagainya.

Digital Ads sangat relevan di Indonesia karena penggunaan smartphone dan internet yang meningkat pesat. Data “Digital in 2017: Global Overview” dari We Are Social menyebutkan penetrasi penggunaan internet di Indonesia naik 17 % dari 2016 ke 2017, sedangkan penggunaan sosial media naik 10%. Tahun ini 51% masyarakat Indonesia telah menikmati akses internet. 

Iklan digital memiliki keunggulan yang berbeda dengan iklan konvensional. Keunggulan pertama ialah mudah dimonitor. Layanan iklan digital biasanya memberikan laporan seperti berapa kali iklan diakses, kapan dan berapa lama iklan dibuka, asal orang yang membuka iklan, dan sebagainya. Hal ini sangat penting sebagai evaluasi apakah iklan sudah mengenai target yang diinginkan. Selain itu Anda juga dapat mengamati perilaku konsumen, misalnya kapan mereka biasanya membuka website dan apa yang mereka lakukan. Data ini dapat digunakan untuk menyusun strategi advertising berikutnya.

Kelebihan kedua dari Iklan digital yaitu dapat diatur untuk menarget orang-orang yang memenuhi kriteria tertentu. Misalnya melalui location based Ads, Anda bisa mengirimkan SMS kepada orang-orang yang sedang berada di suatu lokasi secara real time. Ada pula yang dapat menarget audiens berdasarkan profil demografinya atau bahkan kegiatan browsing yang tengah dilakukan. Efektivitas iklan meningkat karena hanya diterima oleh audiens potensial, anggaran iklan pun bisa semakin efisien.

Sebagai partner komunikasi Anda, Teamwork terus berkembang seiring perubahan teknologi untuk memberikan solusi marketing terbaik sesuai kebutuhan. Teamwork berpengalaman lebih dari 10 tahun mengembangkan brand melalui media digital ataupun konvensional. Apakah Anda siap untuk go digital?