Efektifnya Marketing Automation

 

Email Marketing merupakan startegi marketing yang memiliki andil cukup besar untuk peningkatan penjualan produk. Tetapi, dengan persaingan bisnis yang ketat penerapan Marketing Automation akan lebih meningkatkan efektifitas penjualan produk /  jasa anda secara drastis. Email Service Provider hanya berfungsi untuk menyebarkan banyak email secara bersamaan dan memudahkan anda untuk menelusuri laju interaksi antara anda dan target pasar atau klien. Namun, email marketing saja akan kurang startegis dan taktis dalam mempromosikan produk anda. Email marketing hanya akan menghabiskan banyak waktu, sebab anda harus melakukan banyak pekerjaan secara manual, seperti menulis email satu persatu dan memastikan apakah email yang anda kirim secara bersamaan benar-benar sampai pada konsumen tepat waktu. Dengan marketing automation, anda tidak perlu melakukannya secara manual, sehingga anda lebih fokus untuk menjalankan strategi pemasaran anda.

Dengan marketing automation, anda dapat memastikan mana pelanggan yang memang tertarik kepada produk/jasa anda dan mana yang tidak. Anda bisa mengukur seberapa tertarik konsumen tersebut pada konten promosi anda, sehingga memudahkan anda untuk menganalisis insight data konsumen secara demografis dan karakteristik. Selain itu, marketing automation akan menjaga laju marketing anda untuk berkomunikasi secara fleksibel dengan konsumen dan melibatkan mereka untuk berpartisipasi secara langsung dengan mendapatkan feedback yang cepat.

Sedangkan dengan email marketing, anda harus menelusuri laju interaksi anda satu persatu secara manual tanpa mengetahui konsumen mana yang tertarik dengan produk /  jasa anda. Dengan begitu banyak email yang menumpuk akan membuat anda kesulitan untuk memberikan respon yang cepat kepada pelanggan, dan anda akan kesulitan untuk menganalisis insight data yang masuk karna tidak terstruktural secara otomatis.

Marketing automation akan menjadi solusi yang tepat untuk mengembangkan startup anda dari segi promosi, karena dapat menyebarkan promosi dengan cepat, membuat program anda lebih berbobot, serta anda dapat menilai skala peningkatan pendapatan serta branding image perusahaan anda. Email marketing tidak dapat membuat skala yang tepat dan akan merugikan perusahaan anda yang sedang berkembang.