Era Entrepreneurial CMO

 

Chief Marketing Officer (CMO) adalah orang yang bertanggung jawab dalam seluruh kegiatan marketing di suatu perusahaan. CMO bertanggungjawab untuk merancang strategi kreatif marketing perusahaan, selain itu CMO juga dituntut untuk semakin melek dengan literasi media digital, serta menguasai aspek-aspek teknikal dan elemen-elemen data ilmiah. Sebab, startup di era digital saat ini lebih mengacu pada entrepreneurial CMO dimana sebuah generasi baru muncul ke permukaan berkat skill profesional, seperti kecepatan, ketangkasan, melek teknologi, serta kemampuan menganalisis dana. Namun, masih ada beberapa skill yang juga wajib mereka kuasai, yaitu :

Pandai Bercerita

Sebagai seorang CMO, anda dan tim anda pasti pernah dan akan membuat iklan untuk promosi guna meningkatkan penjulan produk perusahaan anda. Anda harus bisa menentukan target pasar iklan anda dengan tepat, setelah itu gunakan konten yang dapat mendidik sekaligus menghibur penonton. Konsumen yang melek teknologi jaman sekarang sangat kritis menilai sesuatu bila anda sebagai CMO tidak bisa menyampaikan maksud dari iklan anda dengan baik.Sebab, iklan yang mengandung brand engagement sendiri akan meningkatkan kualitas output, memperbaiki nilai keuntungan dari interaksi digital dengan konsumen lama atau calon konsumen potensial.

Mampu Menganalisis Data

Strategi marketing kini lebih fokus untuk mendapatkan insight melalui sumber-sumber teknikal. CMO harus cermat menggali informasi mengenai apa yang disukai dan dibutuhkan oleh konsumen untuk bisa bertahan dalam persaingan bisnis yang ketat. Anda harus mampu menemukan data-data yang tepat untuk menciptakan image perusahaan yang baik di mata konsumen, jangkau target konsumen anda, agar anda mendapatkan insight yang bermanfaat untuk membentuk dan menyampaikan produk anda di masa depan.

Menghilangkan Mental “Silo”

Silo adalah hal yang seringkali muncul di perusahaan ketika suatu divisi tertentu enggan berbagi informasi mereka dengan divisi lain. Hal tersebut adalah sifat mental yang buruk yang dapat menurunkan efisiensi dan produktivitas dalam perusahaan. Silo dapat menimbulkan ketegangan hubungan anggota dan mengganggu usaha anda untuk memberikan kepuasaan pelanggan karena pemberian data yang tidak lengkap.

Cekatan Menangani Pelanggan

CMO di era digital harus mampu menerapkan strategi customer-oriented, data driven, dan segmented-marketing, dan customer-obsessed. Selain itu, harus bisa mengubah informasi real-time dan feedback yang masuk menjadi analisis yang berguna untuk mengoreksi strategi marketing yang sedang berjalan demi kepuasan pelanggan. Ada tiga hal yang perlu diperhatikan untuk mewujudkan tim marketing yang cekatan menangani pelanggan, pemberian kebebasan tim untuk bereksperimen, memberikan wewenang kepada kepada tim marketing untuk membuat keputusan yang dapat memberi dampak positif pada konsumen, serta memastikan seluruh pihak berkomitmen tinggi pada proses yang dijalani.