Fintech, Layanan Keuangan Alternatif.

 

Setelah E-Commerce, Finance Technology (Fintech) adalah salah satu startup yang sedang sedang naik daun di kalangan Entrepreneurship. Fintech merupakan salah satu jenis startup yang fokus memaksimalkan penggunaan teknologi untuk mengubah, mempercepat dan mempertajam berbagai aspek layanan keuangan. Dengan Fintech, semua orang dapat mengakses aplikasi layanan keuangan melalui internet setiap saat, sehingga bisa berdampak besar pada industri keuangan di Indonesia, terlebih pengusaha kecil dan menengah.

Fintech bertujuan untuk mempermudah masyarakat mengakses produk-produk keuangan, mempermudah transaksi dan meningkatkan literasi keuangan. Startup yang satu ini dianggap sebagai salah satu metode pembayaran alternatif, padahal Fintech merupakan suatu inovasi layanan keuangan yang lebih praktis dan aman dibandingkan layanan keuangan konvensional.

Karena fungsi utama dari Fintech sendiri sebagai solusi meningkatkan daya beli masyarakat, serta menyediakan sistem peminjaman yang transparan kepada pelaku Startup dan UKM di Indonesia, serta layanan keuangan masyarakat. Layanan keuangan yang dimaksud meliputi metode pembayaran, transfer dana, pinjaman, pengumpulan dana hingga pengelolaan aset. Fintech terbagi menjadi tiga, yaitu aplikasi mobile, cloud software, dn situs konsumen.

Fintech dibedakan menjadi Fintech 2.0 dan Fintech 3.0. Fintech 2.0 merupakan startup yang dikembangkan industi jasa keuangan, seperti perbankan, pasar modal, dan Industri Keuangan Non-Bank (IKNB). Fintech 2.0 tunduk pada aturan perundang-undangan perbankan, pasar modal, serta IKNB. Sedangkan Fintech 3.0 merupakan startup yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan yang baru merintis. Fintech 3.0 sendiri masih dalam proses kajian Otoritas Jasa Keuangan (OJK), karena belum diketahui secara pasti apa manfaat dan pengaruhnya kepada masyarakat.

Di Indonesia, Fintech mulai berkembang, seperti modalku, UangTeman, Tunaiku, Pinjam.co.id, dll. Fintech serupa sama-sama menjalankan misi untuk memudahkan masyarakat mengakses dan menerima dana kredit.