IMC Efektif Dalam Pengembangan Startup

 

Istilah IMC atau Integrated Marketing Communication seringkali digunakan dalam pengembangan bisnis startup di era modern. IMC merupakan Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam mempromosikan produk startup. Komunikasi pemasaran terpadu adalah kegiatan marketing komunikasi yang mempunyai tujuan untuk menyampaikan pesan kepada konsumen dengan menggunakan media dan berbagai saluran komunikasi, agar terjadi perubahan tindakan, sikap, dan pengetahuan target pasar.

IMC adalah pengembangan dan implementasi berbagai bentuk program marketing komunikasi, seperti iklan, sales promotions, PR, Direct Marketing, dan lain-lain, yang bersifat persuasif kepada konsumen dan memberikan dampak yang berkesinambungan bagi penjualan produk.

Berawal dari ketertarikan konsumen, kemudian mempengaruhi perilaku dengan mendorong konsumen untuk bertindak dengan berbagai macam sarana dan saluran komunikasi untuk berhubungan dengan produk/jasa/Brand. Lalu Perusahaan akan berusaha menjalin sinergi antara Brand dengan pelanggan untuk mengkomunikasikan pesan, meningkatkan brand awarness, membangun brand loyalty, dan mengurangi serangan dari competitor. Berbagai manfaat dihadirkan oleh IMC dalam startup, yaitu :

-. Memperkuat branding dan message campaign perusahaan di masyarakat akan membentuk identitas yang kuat pula di pasar

-. Memanage semua bentuk komunikasi pemasaran dengan tujuan branding yang sama, dari mulai konten pesan, positioning, citra perusahaan, serta identitas perusahaan.

-. Membangun brand loyalty antara perusahaan dengan konsumen, dengan membangun komunikasi dua arah antara perusahaan dan konsumen melalui berbagai saluran komunikasi.

Dengan mengaplikasikan IMC akan mengurangi ketergantungan pemasangan iklan yang memerlukan harga yang sangat mahal untuk membangun brand awarness di masyarakat. Terlebih akan mengembangkan analisa perilaku konsumen yang akan sangat berguna untuk strategi pemasaran jangka panjang.