Inovasi Research Dalam Dunia Marketing

 

Marketing memiliki tugas penting untuk meningkatkan penjualan produk dengan cara mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen, melalui insight terkini dan  terakurat dari produk/jasa yang mereka jual ke konsumen melalui marketing research. Namun, saat ini riset pasar konvensional telah memasuki tahap menjemukan karena gambaran yang dihasilkan lebih padat di permukaan dan tidak menyentuh dasar isu yang ingin dilihat.

Maka, diperlukan inovasi dalam metode riset untuk menghasilkan market research yang strategis, yaitu dengan menggunakan Cyber Etnography Marketing (CEM). Etnography merupakan studi untuk melihat kehidupan masyarakat dengan pendekatan dan pengamatan yang membuat penelitinya terlibat dan menjadi bagian dari masyarakat di lingkungan aslinya. Etnography marketing sendiri mampu memberikan gambaran mengenai konsumen dengan lebih detail, lebih dinamis, dan tanpa jarak. Walaupun survei dan statistik memiliki keunggulan dalam memberikan rona pasar yang lebih luas, namun etnography bisa menangkap persepsi, kesan dan perasaan konsumen dengan lebih akurat melalui pengamatan dan wawancara konsumen pada kehidupan sehari-hari.

Salah satu perusahaan yang berhasil menggunakan riset etnography marketing adalah Apple, Apple mengeluarkan produk Ipod dengan menangkap aspirasi dan kebutuhan konsumennya. Tim pengembangan produk Apple berhasil menginterpretasikan data-data etnography tentang perasaan dan pengalaman konsumen dalam mendegarkan musik, dan menghasilkan ide produk Ipod. Selain itu, perusahaan yang mengaplikasikan metode riset ini antara lain Intel, Unilever, Harley-Davidson, P&G, 3M, Lenovo, dan masih banyak lagi.

Karena riset etnography marketing membutuhkan biaya observasi yang besar, trend yang tumbuh di dunia startup saat ini adalah Cyber Etnography Marketing. CEM sangat berguna bagi perusahaan yang ingin melakukan inovasi riset pasar etnography tapi tidak mampu membiayai etnographer. CEM adalah riset pasar etnography yang dilakukan hanya dengan mengamati media sosial milik konsumen dari produk anda. Anda harus menetukan segmentasi pasar anda dengan tepat, lalu membuat kerangka syarat serta populasi, konsumen seperti apa yang harus diobservasi kebiasaan, kesukaan, dan lingkungannya melalui media sosial atau media online yang mereka miliki. Decision Analyst adalah salah satu startup yang menawarkan jasa pelayanan cyber etnography marketing bagi perusahaan yang ingin melakukan CEM.