Kesalahan yang Dilakukan Start Up Di Tahun Pertama

 

Membangun sebuah startup biasanya dilakukan dengan penuh semangat dan banyak mengeksplore apa yang selama ini dibayangkan akan dilakukan dalam bisnis. Bahkan beberapa orang yang membangun startup cenderung idealis dengan langkah - langkah yang di ambil di tahun pertama. Dan jika tidak berhati hati, kemungkinan terburuk adalah anda akan menghabiskan waktu untuk mengeksplore ide, bahkan dana yang tidak sedikit. Guru yang hebat adalah pengalaman bukan, dan alangkah lebih baik jika kita mau belajar dari kesalahan startup yang dilakukan di tahun pertama :

  1. Over Publish : banyak memberikan diskon bahkan gratis pada acara grand opening bisnis anda akan sangat merugikan jika tidak memiliki tujuan yang jelas. Sebelum memutuskan strategi publisitas yang baik, pikirkan terlebih dahulu tujuan dan pencapaian anda sebelumnya.
  2. Berjalan sendiri : walaupun anda yang paling tahu apa yang harus dilakukan pada bisnis anda, bukan berarti anda yang harus mengerjakan semuanya sendiri. Pilihlah orang kepercayaan dan bangun kerja team yang solid dan memiliki satu tujuan. Dengan begitu anda bisa membagikan beban anda dan berfikir lebih produktif lagi.
  3. Terlalu banyak Co-Founder : mengajak semua teman sepermainan anda hingga empat lima orang untuk mendirikan startup tidaklah bagus. Karena artinya anda semakin sedikit saham anda. Contohlah Facebook dengan mengajak satu orang saja yang anda nilai cocok dan mampu mengembangkan ide awal anda.
  4. Bedakan Passion dan Peluang Bisnis : Banyak dari anda akan mengutamakan Passion atau hal yang anda sukai. Mulailah berfikiran terbuka dan realistis terhadap bisnis yang akan anda mulai. Lakukan riset dan lihat lingkungan sekitar anda, jika bisnis impian anda tidak memungkinkan dijalankan di tempat dan waktu yang ada, pikirkan peluang bisnis yang lain. Karena membangun bisnis bukan hanya melakukan apa yang anda sukai, tapi mengeluarkan dana untuk mendapatkan lebih.