Keunikan Konsumen Indonesia

Penting sebagai seorang marketer untuk mengenali konsumen, apalagi jika pemasaran yang akan dilakukan berskala nasional. Jika produk yang pernah anda pasarkan terjual dengan mudah di luar negeri, mungkin saja akan mengalami sedikit kesulitan ketika anda mencoba memasarkan di Indonesia. Hal ini disebabkan karena berbagai keunikan konsumen di Indonesia. Pada 10 tahun lalu Handi Irawan pernah mencoba melakukan riset terhadap karakteristik konsumen di Indonesia. Dan tentunya 10 tahun lalu memiliki perbedaan walaupun tidak terlalu signifikan dengan karakteristik konsumen saat ini. Dan Teamwork.id telah merangkum beberapa karakteristik konsumen di Indonesia yang bisa anda kenali.

1. Religius : tentu hal ini sangat menjadi karakter orang Indonesia. Entah apa yang sedang trend di seluruh dunia tidak mudah diterima di Indonesia. Bisa kita lihat dari penjualan hijab yang saat ini sedang sangat laris dan mudah diterima oleh masyarakat Indonesia yang semakin menguatkan identitas religius itu sendiri.

2. Tidak terlalu memperhatikan konten : masyarakat tidak terlalu menghiraukan konten. Ketika suatu produk dijual dengan packaging yang menarik atau cara persuasi yang meyakinkan kebanyakan akan langsung percaya.

3. Impulse Buying : pembelian secara spontan banyak dilakukan orang Indonesia. Ketika mereka berfikir untuk membeli sesuatu di supermarket mereka juga akan berkeliling mencari apa yang sedang diskon pada hari itu. Diperlukan atau tidaknya barang yang diskon saat itu, konsumen akan tetap berfikir untuk membelinya. Dan diskon adalah strategi para pemasar untuk menggaet konsumen dengan karakter ini.

4. Pengikut : peran public figure pada karakter ini sangat berpengaruh. Ketika melihat sang idola mengenakan sesuatu yang dinilai sedang trend, akan diikuti oleh sebagian masyarakat lainnya. Itulah mengapa kini banyak para Public Figure yang menjadi Endoser.

Sumber Foto : www.kompas.com