Konsumen Ke Depan Bukanlah Millenials, Namun Gen – Z

 

Jika anda adalah seorang marketer di perusahaan anda. Dan dalam market plans anda mungkin mengira bahwa target konsumen perusahaan adalah Millenials. Namun, anda sepertinya harus bersiap siap mengubah market anda setelah mengetahui survei dari Nielsen yang telah menyatakn bahwa konsumen ke depannya adalah Generasi Z. Generasi Z sendiri adalah anak – anak dan remaja yang berada di rentan usia 10 hingga 19 tahun. Dalam survei Nielsen yang berjudul Nielsen Consumer & Media View (CMV) kuartal II 2016, anak-anak atau remaja ternyata memiliki pengaruh besar terhadap keputusan yang terjadi di keluarga, khususnya saat membeli produk elektronik dan pilihan berlibur.

Dalam survey, Hellen Katherina, Media Director Nielsen Indonesia, mengatakan 47% anak-anak memiliki pengaruh terhadap keputusan berlibur, 33%-nya terhadap keputusan produk elektronik di rumah. Sedangkan, bagi remaja, pengaruh dalam memutuskan liburan sebanyak 67%, dan membeli produk elektronik sebesar 62%. Survei ini telah dilakukan Nielsen di 11 kota Indonesia dengan 8.400 responden yang mencakup seluruh Social Economic Status (SES). Hellen menambahkan, Pemahaman mengenai perilaku dan kebiasaan mereka dalam mengkonsumsi media akan membuka peluang bagi para pemilik brand dan pemasar untuk dapat membangun hubungan jangka panjang dengan mereka.

Bahkan kegiatan yang menjadi pilihan oleh Gen – Z pun diamati oleh Nielsen, yakni olahraga dengan posisi tertinggi sebanyak 48% pada anak-anak dan 44% pada remaja. Lalu menonton TV (38% pada anak-anak dan 32% pada remaja), serta mendengarkan musik (17% pada anak-anak dan 25% pada remaja)

Beberapa temuan unik juga ditemukan pada Gen – Z, mereka dinilai multitasker karena masih mencari informasi melalui media konvensional seperti TV dan Radio namun juga aktif pada Online.