Langkah Tepat Ciptakan Brand Top of Mind

Setiap pengusaha pasti menginginkan brand yang mereka miliki selalu diingat oleh konsumen. Bahkan ingin menjadi brand yang kali pertama terlintas di pikiran ketika konsumen memikirkan satu jenis produk kebutuhan.

Misalnya, coba sebutkan brand air mineral yang kali pertama terlintas di pikiran Anda?

Dengan satu kata kunci “air mineral” saja, Anda sudah bisa memunculkan satu nama brand dan mungkin lengkap dengan logo dari brand tersebut.

Itulah yang disebut dengan Top of Mind brand. Brand yang akan menjadi hal pertama yang diingat konsumen dan akan selalu diingat di bawah alam sadarnya. Membuat brand yang Top of Mind tidak bisa dilakukan dalam satu atau dua hari, tapi dibutuhkan waktu yang panjang dengan banyak variasi strategi. Apa saja formula strategi untuk membentuk brand yang Top of Mind?

Hindari nama brand yang sulit

Nama-nama brand yang melekat dengan satu jenis produk tertentu, cenderung memiliki nama yang singkat, mudah diucapkan, dan mudah ditulis. Dalam pembuatan brand, nama adalah segalanya. Jangan sampai seseorang hanya ingat produk namun lupa nama merk dagang produk tersebut. Nama brand yang mudah diingat akan menjadi satu langkah besar dalam proses dan strategi branding.

 

Memiliki logo yang menarik

Manusia adalah makhluk visual. Itu menyebabkan logo suatu brand menjadi hal penting dalam strategi branding dan marketing produk tersebut. Buatlah logo yang menarik dan memorable, sehingga logo tersebut seolah telah satu paket dengan nama brand anda.

Buat tagline atau brand message

Semua brand Top of Mind memiliki tagline atau brand message yang melekat dengan brand dan logonya. Untuk membuat tagline atau brand message tentu tidak bisa main-main. Anda harus tahu pasti apa esensi atau pesan yang ingin disampaikan melalui brand ini. Tagline dan pesan yang disampaikan brand Anda harus relevan dan tepat dengan target marketnya.

 

Unik

Jangan membuat brand yang terdiri atas produk sejenis dengan produk brand lainnya. Jika brand Anda memiliki kesamaan produk dengan banyak brand lain, coba temukan celah yang tidak dimiliki oleh semua brand yang ada. Lalu cobalah isi celah tersebut dengan keunikan yang otentik. Dengan begitu, Anda bisa memiliki Top of Mind brand yang berbeda dengan lainnya.

 

Selalu ada

Jarang sekali ada orang yang mau membeli produk dari brand yang baru mereka kenal. Setidaknya, seseorang harus diperkenalkan dengan satu brand sebanyak 20 kali sebelum akhirnya ingin membeli produk tersebut. Strategi marketing bisa dilakukan dengan beragam cara, antara lain dengan hadir di tengah masyarakat. Misalnya menjadi sponsor acara besar atau membuat sebuah kampanye untuk memperkenalkan produk secara berkala. Bisa juga dengan taktik menguasai pencarian di internet, yakni dengan membuat laman media sosial dan membuat website yang relevan.

Dari semua hal di atas, konsistensi Anda dan tim lah akan membawa brand tersebut menjadi Top of Mind. Brand Anda tidak hanya teringat namun juga akan menjadi brand pertama yang terlintas di pikiran para konsumen ketika memikirkan satu jenis produk.