Marketing Word of Mouth

 

Marketing Word of Mouth adalah salah satu strategi marketing yang paling kredibel dan kuat dalam periklanan karena metode ini akan menimbulkan dorongan sosial, emosional, dan fungsional. Promosi ini dapat secara signifikan membantu bagaimana produk dan jasa bisa dibeli, persepsi pelanggan dapat dibentuk, dan tren baru juga dapat terbentuk. Konsumen yang puas dengan hasil jasa atau produk dari brand yang dikonsumsi, umumnya akan memberitahu temannya. Hal ini biasanya didasari oleh rasa ingin diakui oleh lingkungannya. Memberikan review yang positif, maupun negatif juga merupakan salah satu dorongan emosional dari diri seseorang. Dan secara fungsional, rekomendasi yang konsumen tersebut sampaikan merupakan pelengkap bagi rantai informasi.

Kesuksesan dari word of mouth marketing adalah mengandalkan kepercayaan dan kepuasaan konsumen terhadap brand, dan kita sebagai pemilik brand harus mendapatkan hal itu dengan kejujuran. Meskipun word of mouth marketing merupakan cara yang paling efektif, bukan berarti semua brand besar tidak memiliki iklan, dan tidak ada salahnya tetap membuat iklan untuk brand kita. Karena pada akhirnya, nilai atau value dari produk itu sendiri yang menjadi refleksi dari sebuah produk. Promosi mulut ke mulut ini dapat dibagi menjadi dua aspek yaitu volume dan konten. Volume adalah yang terpenting. Yang bisa diteliti dari aktifitas word of mouth adalah mengamati arah, jangkauan, tingkat aktivitas, nada atau tone dari keseluruhan volume yang ada. Promosi mulut ke mulut ini dapat dibagi menjadi dua aspek, yaitu volume dan konten. Diantara dua aspek tersebut, volume adalah yang terpenting. Untuk dapat meneliti aktivitas word of mouth, disarankan untuk mengamati arah, jangkauan, tingkat aktivitas, dan nada/tone dari volume suara yang ada.