Memanfaatkan Algoritme Media Sosial Untuk Promosi

 

Bagi para pelaku bisnis dan pemilik brand, keberadaan algoritme disebut menguntungkan untuk promosi produk dan merk. Apa saja keuntungan tersebut ?

Post Kita Tidak Hilang

Ada anggapan bahwa algoritme dapat “menghilangkan” post dari sebuah akun. Padahal, yang terjadi adalah sebaliknya. Tanpa adanya algoritme, post kita akan tertelan begitu saja oleh ribuan post lain yang bersaing mendapat perhatian pengguna media sosial. Ujung-ujungnya, kita tak tahu apakah post kita dilihat oleh target kita atau tidak. Dengan kata lain, algoritme mengarahkan konten ke pengguna yang tepat sesuai ketertarikannya, bukan menghilangkan konten. Jumlahnya memang lebih sedikit dari jumlah pengguna media sosial yang ada, tapi fokusnya lebih jelas.

Lebih Tepat Sasaran

Algoritme bekerja dengan memperhatikan kebiasaan pemilik akun. Interaksi kita dengan followers atau dengan teman, reaksi terhadap sebuah post, mengetahui page yang kita sukai, dan hal – hal lainnya yang menarik bagi pemilik akun. Dengan modal algoritme ini, media sosial akan mengubah “sajian” di timeline pemilik akun. Singkatnya yang akan dilihat adalah post – post yang paling relevan dengan profil pemilik akun. Dari sini bisa dilihat bahwa hal ini sebenarnya menguntungkan bagi sebuah brand, karena post yang dikeluarkan akan lebih tepat ke pasar pemilik brand tersebut.

”Memanfaatkan” Waktu Pengguna Media Sosial

Dengan adanya algoritme, maka linimasa yang dilihat adalah post-post yang sesuai dengan kesukaan pemilik akun. Hal ini tujuannya agar pengguna menghabiskan waktu lebih banyak di media sosial. Target pasar dari pemilik brand akan menghabiskan waktu paling tidak satu jam di media sosial. Para pemilik akun brand akan memiliki kesempatan lebih besar untuk dilihat karena pengguna media sosial betah berlama-lama di media sosial. Ditambah lagi jika kita pemilik akun brand memberikan konten yang menarik dan memiliki engagement yang bagus. Pesan brand pun tersampaikan dengan baik di media sosial, dan pemilik brand sudah berhasil menaruh post yang tepat untuk targetnya.