Membangun Logo di Benak Konsumen

 

Logo dalam sebuah brand mungkin bagi sebagian orang terlihat sederhana. Namun kenyataannya dalam proses pembuatan logo bukanlah hal yang sederhana. Banyak yang perlu diperhatikan dalam pembuatan logo sebuah brand.  Karena kesan pertama yang akan dilihat dari sebuah brand adalah logonya. disamping hal itu, logo merupakan salah satu unsur yang mempengaruhi persepsi dari konsumen, mempengaruhi keputusan pembelian dan sikap terhadap brand tersebut. Berikut ini adalah tips untuk membuat sebuah logo;

Sederhana dan Fleksibel

Dalam hal membuat logo tidak selalu dibutuhkan ketrampilan yang detail seperti membuat sebuah karya illustrasi. Logo yang sederhana akan mudah diingat oleh konsumen. Hindari font yang mewah dan gambar yang rumit, hal itu akan hanya membuat orang tidak bisa memahami logo tersebut dalam waktu singkat.

Warna adalah Kunci

Warna akan mempengaruhi visual dan arti dari sebuah logo. Warna yang terang mungkin akan menarik perhatian konsumen, namun bagi beberapa orang warna terang akan terlalu mencolok. Penggunaan warna yang lembut akan terlihat elegan namun mungkin kurang dapat menarik perhatian. Setiap warna yang digunakan mempunyai efek yang berbeda bagi konsumen. Penggunaan warna harus disesuaikan dengan insight dari brand itu sendiri.

Memiliki Makna

Sebuah logo harus memiliki filosofi atau makna di dalam perusahaan itu sendiri. Logo tak hanya sebuah hasil produk dari desain, namun logo haruslah memiliki makna tersendiri. Logo yang memiliki makna akan membangun hubungan yang lebih kuat dengan konsumen dan mempengaruhi emosional dari sebuah konsumen.

Aspek Rasio

Aspek rasio adalah angka yang menunjukkan perbandingan ukuran panjang dan lebar suatu bidang gambar. Dalam hal membuat logo sangat penting memperhatikan aspek rasio, apakah logo yang anda buat terlalu melebar atau terlalu tinggi sehingga bisa memakan tempat. Diperlukan aspek rasio yang seimbang antara penjang - lebar agar logo mudah untuk di aplikasikan kedalam objek manapun

Pada akhirnya sebuah logo yang dibuat dengan mempertimbangkan berbagai hal-hal diatas diharapkan akan bisa membuat logo tersebut mudah diingat dan mudah dikenali oleh konsumen yang melihatnya. Logo juga harus sesuai dengan produknya sehingga bisa menciptakan kekuatan tersendiri untuk brand yang diwakilinya, disamping misi, maksud dan tujuan yang terkandung didalamnya.