Menaikan Popularitas Merek Melalui Website Interaktif

 

Pemanfaatan berbagai media digital kini telah dilakukan oleh semua brand. Salah satu media digital yang sering dimanfaatkan adalah website. Penggunaan website sebagi media informasi dan media penjualan membuat semua brand berlomba lomba untuk mendesain web untuk menaikan pasar mereka. Website akan memberikan nilai tambah bagi pertumbuhan sebuah brand, dan sangat baik dan berguna untuk menarik perhatian pelanggan yang potensial. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mendesain sebuah web interaktif.

Membuat Website Responsive

Website responsive merupakan teknik yang dipakai untuk membuat layout website dapat menyesuaikan diri ketika dilihat atau diakses menggunakan perangkat yang digunakan. Kini setiap orang mengakses internet dengan berbagai perangkat seperti laptop, smartphone, tablet dan lain-lain. Selain dapat mempengaruhi apa yang ditampilkan pada perangkat tertentu, website responsive akan mengoptimalisasi kenyamanan pengguna untuk menjelajah web dari tampilan, navigasi serta konten website tanpa merubah ukuran halaman web dari perangkat apapun yang mereka gunakan. Dengan menggunakan desain website responsive terhadap website bisnis akan memberikan kemudahan dalam akses yang akan mempengaruhi peluang bisnis dan pemasaran sebuah brand.

Desain Website

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada desain sebuah web, yaitu:

Skema Warna, skema warna bisa dipilih apa saja, karena akan sangat memberikan kontribusi untuk tampilan serta nuansa website

Tipografi, adalah jenis font yang digunakan pada website. Penggunaan ukuran font juga patut diperhatikan, font terlalu kecil akan kesusahan untuk dibaca namun penggunaan font yang terlalu besar akan mengurangi estetika dari desain web itu sendiri.

Logo header,  pemasangan logo sebuah brand pada header dalam website merupakan hal utama. Karena logo tersebut merupakan bagian dari identitas sebuah brand.

Layout dan Navigasi ,layout adalah bagaimana konten dan desain diatur pada halaman sebuah website, sedangkan navigasi adalah bagian yang akan digunakan pengunjung menjelajahi website. Semakin mudah sebuah navigasi maka akan meningkatkan jumlah pengunjung pada sebuah website.

Konten / Isi

Website membutuhkan sebuah konten atau isi, semakin dioptimalkan konten pada website akan semakin baik bagi sebuah brand. Makin dioptimalkan sebuah konten maka akan meningkatkan SEO dari website tersebut.  Ada banyak jenis konten yang dapat ditambahkan kedalam website, contohnya adalah:

  • Posting blog dan artikel;
  • Video;
  • Tampilan slide di halaman depan;
  • Halaman utama (tentang kita, kontak, jasa, harga, testimonial, jadwal, penjualan,, blog, video, acara, dll).

Halaman utama (home/beranda) adalah bagian terpenting dari website, karena halaman utama yang akan menavigasi pengunjung website agar dapat melihat layanan apa yang menarik dari website tersebut, Namun sebuah website tidak harus memiliki semua halaman seperti yang disebutkan diatas, namun dapat disesuaikan dengan kebutuhan sebuah brand.

Integrasi Media Sosial

Dalam sebuah website kini wajib mencantumkan media social yang digunakan seperti twitter, facebook, linkedin, instagram dan lain-lain. Hal ini bertujuan untuk memudahkan interaksi dengan pengunjung website.

Mendesain website akan membantu sebuah brand untuk mendapatkan suatu tampilan yang menarik dan mudah dipahami. Sehingga akan mempengaruhi pencitraan positif dari pembeli terhadap penjual. Memaksimalkan hal-hal tersebut dalam sebuah website akan menarik pengunjung untuk membuka website. Semakin sering dikunjungi otomatis website tersebut memiliki traffic yang tinggi sehingga dapat menaikan popularitas sebuah brand di media digital. Dalam Teamwork, kami memiliki divisi digital partner yang selalu siap untuk membantu sebuah brand untuk berkembang di dunia digital.