Menggunakan Visual Marketing Sebagai Promotional Tools

 

Visual Marketing (Pemasaran Visual) adalah suatu cara mengkomunikasikan brand/produk dengan menggunakan gambar, video atau  media visual lainnya. Hal ini bekerja dengan menggunakan konten visual yang diciptakan untuk membentuk identitas merek.  

Visual Marketing dapat digunakan untuk membangun koneksi dan pendekatan emosional dengan konsumen secara lebih personal. Konten yang menarik pada tingkat visual dan menyajikan informasi dalam format yang lebih menarik selain teks jauh lebih dibutuhkan dibanding hanya tampilan lucu dan keren saja. Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk visual, dan informasi visual jauh lebih mudah diterima daripada konten yang lain.

Mengapa Visual Marketing itu penting?

Visual marketing menggunakan elemen desain, grafis, dan gambar dalam pemasaran. Anda pernah mendengar pepatah lama tentang gambar yang bernilai seribu kata? Ini menyatakan bahwa hanya dengan gambar, kita dapat menghemat kata-kata dan dapat dengan mudah menyampaikan maksud dan tujuan.

Kekuatan  visual akan membuat pemasaran Anda lebih kuat dan lebih berkesan dan dapat mengubah hal-hal tak berwujud menjadi sesuatu yang konkret, membantu orang membayangkan pesan Anda dan Brand di alam pikiran mereka. Pemasaran Visual memahami bahwa konsumen membutuhkan penyedia solusi, bukan hanya perwakilan lain untuk memproses transaksi bisnis mereka. Visual Pemasaran adalah strategi besar untuk menciptakan pengalaman-pengalaman yang optimal. Inilah beberapa tips agar marketing visual Anda sukses.

Gunakan optimasi gambar

Walaupun mengiklankan gambar Anda di website, Anda wajib turut menyertakan kaidah-kaidah SEO atau search engine optimatization. Pertama adalah hosting, pastikan gambar Anda memiliki ukuran yang kecil dan terlalu berat. Anda bisa menggunakan jasa hosting gratisan lain untuk menghemat bandwith Anda. Dan jangan lupa untuk menamai file gambar Anda dengan khas SEO. Dan jangan sampai lupa tentang copyright, perhatikan selalu copyright gambar yang Anda buat.

Gabungkan gambar dan tulisan

Seperti malam dan bulan, iklan gambar dan tulisan harus tampil bersama-sama. Khususnya untuk sosial media, Anda dapat menyertakan iklan gambar berserta tulisan untuk menarik perhatian. Lagi bagaimana cara Anda menggabungkannya, itu adalah tergantung kreatifitas Anda.

Gambar Anda harus berbicara

Ini adalah tugas paling penting, yaitu Anda harus bisa membuat iklan gambar yang sangat mengena dan pesan Anda tersampaikan. Iklan tidak harus gambar, Anda juga bisa membuat iklan yang berbentuk foto. Untuk membantu para audience mengerti iklan Anda, Anda bisa menambahkan text didalam gambar tersebut. Lalu tambahkan juga caption agar lebih menarik.

Infografik

Ini adalah yang paling ampuh dan dapat dipastikan orang akan tertarik. Anda dapat membuat infografik untuk mempromosikan bisnis Anda. Kenapa menarik? Orang akan lebih tertarik melihat gambar yang berisi statistik dan itu adalah data yang valid. Pada tahun 2010 lalu, infografis mulai digemari setelah perusahaan Amerika yaitu WordStream membuat iklan tentang infografis, ternyata banyak pelanggan yang tertarik.