Meningkatkan Brand Value Melaui CSR

 

Perusahaan yang baik tidak hanya memperdulikan kualitas produknya saja untuk mendapatkan banyak keuntungan, tetapi juga harus memperhatikan image-nya dihadapan publik. Untuk menampilkan citra yang positif yang memiliki value yang kuat di masyarakat, perusahaan tidak hanya menerima income, namun juga harus memberikan ucapan terimakasih kepada masyarakat sebagai bentuk feedback atau yang biasa disebut dengan CSR (Corporate Social Responsbility). CSR yang dilakukan dengan benar akan meningkatkan brand value perusahaan dan memberikan pengalaman unik tersendiri bagi publik yang bisa memperkuat brand perusahaan anda sebagai top of mind di benak konsumen, dengan melakukan startegi CSR sebagai berikut :

Ø Crowdsource Ide

Agar program CSR dapat terwujud dengan baik dan sempurna, tidak ada salahnya anda selaku pemimpin membuka forum ide untuk mendapatkan ide kegiatan CSR apa yang akan membuat konsumen beserta karyawan anda menjadi excited terhadap kegiatan tersebut. Jangan selalu mendahulukan ide ada tanpa memikirkan team anda, sebab mereka sebagai pelaksana di lapangan yang akan menentukan berhasil tidaknya kegiatan CSR yang anda selenggarakan.

Ø Libatkan Pelanggan

Libatkan pelanggan anda untuk memeriahkan serta mempublish event yang diselenggarakan perusahaan. Anda harus bisa menempatkan positioning brand anda di benak dan hati masyarakat dengan tetap agar pelanggan tetap mengerti value yang ditekankan oleh brand anda.

Ø Kolaborasi

Anda juga bisa berkolaborasi dengan berbagai LSM atau Organisasi yang memiliki visi dan misi yang serupa dengan brand anda, baik yang profit maupun non-profit. Selain semakin memudahkan anda dalam membuat kegiatan, dengan bekerjasama juga dapat membuat anggota organisasi dan network yang mereka miliki akan terlibat dan aware dengan brand milik anda.

Ø Continuitas

Agar program anda dapat semakin melekat dibenak konsumen, buatlah program CSR yang berkelanjutan atau program rutin yang harus dilakukan perusahaan tiap tahun. Perusahaan juga bisa mengundang media, blogger, serta influencer lain untuk meningkatkan publisitas dan awareness perusahaan di mata publik.