Optimalisasi Usahamu Dengan Email Marketing | Teamwork Indonesia

Optimalisasi Usahamu Dengan Email Marketing

 

Apa itu Email Marketing? Email Marketing adalah salah satu strategi marketing komunikasi yang digunakan sebuah perusahaan atau pemilik usaha untuk memasarkan produk atau jasa ke pelanggan. Strategi ini menggunakan surat elektronik sebagai media utama yang menghubungkan perusahaan dengan pelanggannya. Email Marketing sendiri meliputi proses pengumupulan alamat email pelanggan hingga pengiriman email secara masal yang berisi penawaran atau promo yang akan diajukan kepada konsumen.

Adapun kelebihan dari Email Marketing sendiri ialah untuk menekan biaya promosi. Penggunaan layanan ini memungkinkan kita untuk tidak mengeluarkan biaya apapun meningat layanan email bisa kita akses secara gratis. Kemudian kelebihan lain dari Email Marketing sendiri adalah metode ini dianggap lebih personal. Personal dalam arti pelanggan akan merasa bahwa promo yang ditawarkan tersebut hanya dibuat khusus untuk mereka.

Pengirman Email Marketing sendiri dapat dilakukan melalui dua cara, yang pertama yakni secara manual. Proses pengiriman secara manual ini dilakukan dengan mengirim email secara satu per satu ke alamat yang sudah dikumpulkan sebelumnya. Sedangkan cara selanjutnya yakni mengunakan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk mempercepat pengiriman email kepada pelanggan. Jadi, kita tidak perlu melakukan pengiriman email kepada konsumen satu per satu guna meminimalisir adanya kesalahan yang menyebabkan email tersebut tidak akan sampai tujuan.

Cara yang kedua dianggap lebih efisien jika dibandingkan dengan cara yang pertama, selain lebih menghemat waktu dan meminimalisir adanya email tidak terkirim. Bantuan aplikasi pihak ketiga juga untuk menghindari email tersebut akan masuk ke Kotak Spam milik pelanggan. Pada dasarnya pengiriman email dengan jumlah yang sangat banyak dan dalam satu waktu, memungkinkan email-email tersebut akan dianggap sebagai spam oleh pihak penyedia email itu sendiri. Masuknya email ke Kotak Spam akan menyebabkan email tersebut tidak akan terbaca oleh pelanggan.

Pengiriman Email Marketing juga tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses pengirimannya. Pertama, gunakan domain dan nama email yang meyakinkan. Hal tersebut ditujukkan untuk meyakinkan pelanggan bahwa email yang mereka terima merupakan email resmi. Kedua, gunakan copywriting sekreatif mungkin untuk menarik minat dari pelanggan. Sajikan data-data ataupun promo-promo yang menarik untuk membujuk pelanggan. Ketiga, usahakan pengiriman email tersebut dilakukan pada saat prime time. Pengiriman email pada saat prime time memberikan kemungkinan lebih besar untuk dibaca langsung oleh penerima.