Peran Youtube dalam Strategi Marketing Digital

Digital Marketing kini tidak hanya sebatas menggunakan media sosial bebasis teks dan foto, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Saat ini Digital Marketing telah merambah penggunaan konten video, sehingga website berbagi video,Youtube menjadi primadona.

Youtube memiliki lalu lintas dan pemirsa yang cukup banyak, yaitu lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia. Setiap menitnya ada 300 jam video yang diunggah ke Youtube dan itu berarti 5 jam video pada setiap detik!

Karena ketenaran Youtube tersebut, semua platform digital dan sosial media mulai bergerak menggunakan media video. Kita bisa melihat Facebook, Twitter, dan Instagram sekarang sudah semakin memiliki banyak konten video. Meski begitu, Youtube masih menjadi kiblat konten video yang sebenarnya.

Oleh karena itu, Youtube menjadi lokasi terbaik untuk memasarkan produk menggunakan konten video. Youtube Marketing menjadi strategi penting untuk memanfaatkan pergeseran konten menjadi media video di era digital.

Apa saja keuntungan yang bisa didapatkan dari penggunaan Youtube Marketing ini?

1. Youtube bisa menjadi sarana untuk menuntun pengunjung dan penonton video ke situs bisnis yang kita miliki. Kita bisa menaruh konten video menarik di youtube dengan menyertakan link di bagian bawah atau di video. Ingat, video harus bisa menarik perhatian penonton dan kalau bisa sampai berkeinginan untuk membeli barang yang kita jual.

2. Konten video juga bisa digunakan sebagai alat persuasif. Sehingga, kita harus pintar-pintar untuk membuat konten video yang sesuai dengan produk kita, namun jangan sampai berdampak negative pada masyarakat. Kita bisa meniru konten layanan masyarakat dari luar negeri dengan menyelipkan mengenai produk atau brand kita pada video tersebut.

3. Kita juga bisa membuat konten to the point dengan langsung mempromosikan brand dan produk yang kita miliki. Jangan lupa cantumkan kontak atau link ke situs bisnis kita.

Sama dengan strategi marketing digital lain, kita harus tetap konsisten dan berani untuk berubah jika konten yang kita posting kurang berhasil mencapai penonton.

Manfaatkanlah Youtube dengan baik dengan membuat video menarik, mendominasi SEO, dan pastikan video kita mudah ditemukan dalam penelusuran Youtube dan Google.