Persiapkan Ini Sebelum Memasarkan E-Commerce Anda ke Luar Negeri

 

Setelah lama bergerak dalam bidang E-Commerce dan mendapatkan banyak profit. Sebagai seorang pengusaha anda tentu memiliki sifat yang tidak mudah puas. Dan dengan mudahnya jaringan bisnis di Online yang menjangkau seluruh konsumen di Indonesia, mengapa tidak mencoba peruntungan untuk memasarkan E-Commerce anda di mancanegara. Selain profit, anda akan lebih memahami selera berbagai negara terhadap pilihan produk anda. Dan bahkan persiapan – persiapan extra harus anda lakukan untuk memasukkan E-Commerce anda ke negara tujuan, seperti :

1. Pahami Lokalisasi

Petakan strategi anda sebelum memasarkan produk anda. Mulai dari bahasa, norma dan budaya daerah setempat, selera masyarakat di negara tujuan. Dan siapkan kontak wilayah local, untuk meyakinkan para calon konsumen memesan produk anda.

2. Domain Kode Negara

Daftarkan website anda sesuai dengan kode domain negara sasaran anda. Jika anda ingin menjual produk anda, daftarkan website E-Commerce anda dengan kode domain negara tujuan. Misal jika india adalah .In. itu juga akan menimbulkan rasa aman netizen dari negara tujuan untuk memesan produk anda.

3. Produk Yang Sesuai

Tentu hal ini sangat sepele namun sangat berpengaruh. Lakukan riset kecil – ecil an pada website e-commerce negara tujuan, produk mana yang paling diminati netizen di daerah tersebut. Sehingga produk yang anda tawarkan dapat dengan mudah diterima negara tujuan.

4. Perhatikan Media Sosial Terpopuler

Jangan menyamakan media sosial yang banyak digunakan di Indonesia dengan negara lain. Lakukan riset kecil – kecil an mengenai media sosisal apa yang banyak digunakan negara tujuan. Misalnya, Naver memegang 77 persen pangsa pasar di Korea Selatan, sementara Yandex memiliki 58 persen pangsa pasar di Rusia.

5. Pembayaran Lokal

Sediakan rekening negara tujuan anda untuk memudahkan pembayaran konsumen manca negara anda. Selain itu pilihan pembayaran yang banyak diminati tiap negara berbeda. Dan anda harus menyesuaikan pilihan pembayaran pada tiap negara.