Strategi Menciptakan Brand Loyalty

 

Brand loyalty merupakan sebuah kebutuhan utama bagi perusahaan agar brandnya selalu dan semakin diminati oleh konsumennya. Orang-orang yang memiliki loyalitas tinggi terhadap suatu brand disebut brand evangelist. Apabila customer kebanyakan akan membeli barang sesuai dengan kriteria tertentu agar kebutuhannya terpenuhi. Berbeda dengan brand evangelist, yang sangat mencintai brand yang telah dipilihnya. Mereka tidak akan memperdulikan faktor harga maupun kendala stok, karena mereka menganggap brand tersebut sebagai harga mati. Para brand evangelist akan dengan suka rela mempromosikan brand yang mereka sukai kepada teman dan keluarga melalui word of mouth. Berikut adalah cara agar sebuah brand memiliki banyak pengikut setia :

1. Cari Tahu Kebutuhan Target Pasar

Secara psikologi, manusia adalah makhluk yang selalu termotivasi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Apabila anda dapat mengetahui kebutuhan apa yang dibutuhkan oleh konsumen, anda dapat memenuhinya dengan menjadikan brand anda sebagai pemenuhan kebutuhan konsumen. Lalu, simpulkan solusi terbaik apa yang bisa mereka dapatkan melalui brand anda, disertai hal-hal unik juga manfaat spesifik dari brand anda.

2. Buatlah Makna Pesan yang Unik sebagai Promosi

Susunlah brand message berupa cerita singkat, yang akan menjelaskan cara unik produk anda dalam menjadi solusi pemenuhan kebutuhan bagi kebutuhan konsumen. Selain itu, buatlah tagline unik yang akan memberikan pesan bermakna bagi customer.

3. Bangun Komunitas Brand Evangelista

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain untuk saling berbagi cerita dengan orang lain. Berikan kesempatan kepada sesama customer untuk saling meluapkan pendapatnya mengenai suatu brand, entah melalui media sosial anda atau kolom komentar dalam website brand anda, dan membangun komunitas mereka sendiri.

4. Filosofi Brand

Tampilkan filosofi menarik dan unik mengenai perusahaan dan brand anda secara gamblang kepada customer. Hal tersebut untuk menarik customer agar tertarik menjadi brand evangelista. Customer yang merasa cocok dengan filosofi anda, secara otomatis akan menjadi customer yang selalu loyal.