Strategi Meningkatkan Profit dengan "Kejutan"

 

Berbagai strategi marketing dari yang tradisional berkembang menjadi modern dengan menggunakan segala kecanggihan teknologi saat ini. Kreatifitas yang semakin tak terbatas semakin menarik dan mengenali dengan spesifik siapa target konsumen sebuah brand. Strategi Marketing Surprise yang hingga kini masih menjadi pilihan ketika sebuah brand merasa sebuah kegiatan kampanye yang terprediksi terasa membosankan, dan pelanggan tidak merasakan pengalaman yang menarik saat berkaitan dengan brand anda. Marketing surprise biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan yang mendadak dan membahagiakan pelanggan dengan pemberian kejutan dari brand yang melebihi ekspektasi. Sehingga, banyak perusahaan yang masih menggunakan strategi ini untuk memberi kesan tersendiri terhadap penggunaan brand oleh konsumen anda. Selain itu, keuntungan yang bisa di dapat tidak hanya oleh konsumen, namun juga brand anda diantaranya :

1. Kecanduan 

Kejutan menimbulkan kecanduan, Para peneliti di Emory dan Baylor menggunakan MRI (Magnetic Resonance Imaging—Pencitraan Resonansi Magnetik) untuk mengukur perubahan aktivitas pada otak manusia sebagai respons terhadap urutan stimuli yang menyenangkan. Dan hasilnya, ditemukan percikan menyala seperti pohon natal jika dilihat pada MRI. Yang menunjukan bahwa otak manusia di desain untuk mengunginkan hal yang tidak terduga. Bayangkan saja saja jika anda mampu memberikan banyak hal tak terduga pada konsumen anda, dan mereka akan merasakan kecanduan terhadap brand anda.

2. Murah

Perusahaan tidak perlu mengeluarkan anggaran yang besar untuk memberikan kejutan terhadap beberapa konsumen setia brand anda. Cukup ciptakan sesuatu yang bermanfaat tentang penggunaan produk anda misalnya, atau memberikan tester atau undangan VIP sebelum anda meluncurkan produk baru anda. Tidak mahal, namun konsumen akan merasa menjalin sesuatu dengan brand anda.

3. Memainkan Emosi

Coba anda tanyakan mengapa kerabat anda senang ketika anda berikan kejutan. Dan lihat apa yang terjadi setelah anda memerikan kejutan kepada kerabat anda. Mereka akan lebih berbahagia dan lebih berpikiran positif ketika menjalani sesuatu bersama dengan anda. Begitu pula emosi yang akan terjadi ketika Zappos tiba – tiba membagikan sepatu gratis bahkan sebelum zappos memberikan sebuah janji.