Tingkatan Dalam Dunia Startup | Teamwork Indonesia

Tingkatan Dalam Dunia Startup

Startup merupakan perusahaan berbasis digital yang baru dirintis dan masih dalam tahap pengembangan. Startup dikembangkan dengan tujuan untuk mempermudah pengguna dalam melakukan aktivitas sehari-hari, seperti hadirnya ojek online, toko online dan pemesanan tiket secara online. Terdapat beberapa istilah dalam startup yang sering terdengar di telinga kita seperti Unicorn, Decacorn dan Hectocorn, namun apakah kamu mengetahui maksudnya?

            Istilah tersebut menggambarkan kesuksesan yang telah dicapai oleh sebuah startup berdasarkan nilai valuasinya, termasuk pendanaan yang diraih dari investor. Terdapat 6 tingkatan nilai valuasi dalam startup meliputi:

1. Level Cockroach : Karena masih kecil dan baru saja dirintis, startup dengan level ini memiliki nilai valuasi yang masih kecil, biasanya para pendiri mulai mencari investor untuk modal startup

2. Level Ponies : Startup yang telah berhasil mengembangkan bisnisnya dan memiliki nilai valuasi hingga Rp 140 miliar.

3. Level Centaurs : Startup dengan nilai valuasi hingga Rp 1.4 triliun dan peluang untuk menambah nilai valuasi juga semakin tinggi.

4. Level Unicorn : Merupakan tingkatan yang tergolong besar dan telah memiliki nilai valuasi sebesar Rp 14 triliun. Startup yang telah mencapai level ini adalah Traveloka, Bukalapak, Tokopedia dan OVO.

5. Level Decacorn : Nilai valuasi telah mencapai Rp 140 triliun, startup level ini dinilai akan semakin sulit mencari para investor. Startup yang telah mencapai level ini adalah Airbnb dan Grab.

6. Level Hectocorn : Merupakan level tertinggi dalam dunia startup, hectocorn memiliki nilai valuasi mencapai Rp 1.400 triliun. Startup yang telah mencapai level ini adalah Google, Apple, Microsoft dan Facebook.