Tipikal Penghambat Kinerja Dalam Tim

 

Bekerja dalam tim mungkin bagi sebagian orang bukanlah hal yang mudah. Terdapat sebagian orang yang nyaman untuk bekerja sendiri. Namun bekerja di dunia Industri Kreatif, bekerja secara individu sangat jarang terjadi, bekerja dalam tim adalah hal yang utama. Dalam menyelesaikan suatu projek dibutuhkan koordinasi dan performa tim yang kuat agar dapat selesai dengan cepat dan tepat. Berikut ini terdapat tipe-tipe sifat yang perlu kita waspadai agar tidak mengganggu performa kinerja sebuah tim:

Memarjinalkan Diri

Merasa ditinggalkan, tidak percaya diri dan enggan untuk maju. Tidak bisa mengikuti gerak tim.

Tukang Gosip

Mengetahui berita terbaru seputar lingkungan pekerjaan. Menghabiskan waktunya untuk menyebarkan gossip. Tak segan-segan untuk bergosip tentang hal buruk sekalipun.

Suka Buang Waktu

Mengulur-ngulur waktu dalam bekerja. Biasanya suka mengobrol tentang pekerjaan namun enggan untuk menyelesaikanya.

Pemarah

Suka marah-marah dan selalu mengeluarkan aura negative yang dapat mempengaruhi lingkungan sekitar. Bekerja tim dengan tipikal orang seperti ini cukup menyebalkan.

Tukang Komplain

Tidak pernah puas dengan pekerjaan tim namun tidak juga memberikan kontribusi yang berarti bagi tim. Bekerja sukanya hanya mengkomplain sana dan sini.

Sok Tahu

Merasa dirinya paling mengetahui segalanya. Bahkan hal yang salah pun tak segan-segan dia anggap sebagai pengetahuannya. Hati-hati dengan tipikal seperti ini, jangan langsung percaya.

Tukang Absen

Jarang masuk kerja. Membuat pekerjaan tim menjadi terhambat bahkan tim harus bekerja lebih demi meng-cover salah satu anggotanya yang jarang masuk.

Datang Terlambat, Pulang Paling Cepat

Mungkin secara kasat mata, sifat ini tidak terlalu terasa atau terlihat. Namun hal ini dapat menghambat pekerjaan tim. Karena sifat seperti ini cenderung mengentengkan sebuah pekerjaan.

Tidak Memiliki Motivasi

Tidak pernah berkontribusi dalam ide, lambat dalam bekerja bahkan enggan mengerjakan pekerjaan tambahan. Sifat seperti ini dapat menular dan akan memperburuk kinerja sebuah tim.

Itu adalah hal-hal yang wajib kita perhatikan dalam bekerja bersama tim. Jika menemui sifat-sifat diatas, diskusikanlah dengan baik dan ajak untuk mengurangi hal tersebut. Karena jika sebuah tim dapat men-cover segala kekurangan tersebut, dijamin kinerja sebuah tim akan meningkat dan dapat mencapai hal yang memuaskan.