Tips Untuk Memilih Fonts dalam Tipografi

 

Memilih dan menggunakan font yang memang terkadang adalah proses agak membingungkan bagi beberapa banyak orang. Ada begitu banyak pilihan font yang bisa kita cari, mulai dari yang simple, konvensional, sampai yang rumit sekalipun. Beberapa era yang lalu, para designer masih memiliki keterbatasan untuk mendapatkan dan memakainya di website mereka oleh karena itu tidak jarang beberapa fonts banyak yang terlihat sama di website – website yang lalu. Berbeda dengan masa sekarang yang sudah sangat banyak pilihan fonts yang bisa kita dapatkan. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih fonts dalam Tipografi :

1. Ketahui tentang pengelompokan fonts

untuk mendapatkan font yang tepat pertama-tama kita harus aware untuk pengelompokan umum tentang fonts sehingga kita dapat memilih dengan tepat. Pada dasarnya ada 5 grup utama pengelompokan fonts: yaitu geometric sans, old style, humanist sans, slab serif dan transitional & modern.

2. Menggunakan 1 jenis font yang kontras dengan beberapa ukuran pilihan

Presentasi dengan menggunakan 1 font yang sama tidak akan membuat impact yang besar. Sebagai contoh bila kita membuat sebuah website template,kita harus menggunakan 1 jenis font yang kontras untuk konten dan halaman yang “dijual”. Kita juga harus memisahkan berbagai ukuran dari jenis font yang kita pakai tersebut untuk meciptakan daya tarik yang kuat. Judul utama harus yang paling besar, judul penunjang tidak lebih besar dari yang utama, dan seterusnya lebih kecil untuk pesan konten.

3. Tujuan menggunakan font

Setiap genre dari presentasi harus mempunyai fonts yang berbeda. Sebagai contoh adalah bila kita membuat resume, maka kita memakai font yang kuat dan terlihat formal seperti Times New Roman. Akan tetapi jika kita membuat brosur atau pamphlet maka font seperti Wild West Style atau Victorian akan menjadi pilihan yang lebih tepat.

4. Pastikan font yang dipakai bisa terbaca dan terlihat jelas

Jika kita membuat sebuah text body yang panjang, pastikan jenis font yang kita pakai bisa terbaca dengan jelas. Jika tidak akan menyulitkan audience untuk membaca apa yang sudah kita tuliskan.

5. Posisikan text.

Jika kita sudah memilih 1 font dan ukurannya, kita harus menggunakannya secara pas sesuai dengan layout yang kita gunakan. Sesuaikan letak font dengan background gambar. Semua harus selaras dengan keseluruhan isi yang dipresentasikan dan harus menambah daya tarik untuk yang membaca.

Font adalah salah satu elemen yang powerful untuk mengantarkan pesan kita untuk pembaca atau audience. Tips ini bisa kita gunakan untuk membuat kartu ucapan, resume, website, atau layout majalah, dan berbagai kegiatan promosi yang lain.