Trik bernegosiasi sebagai seorang marketing

 

Jika anda adalah seorang marketing di suatu perusahaan, anda akan banyak menjumpai perilaku konsumen masyarakat yang melakukan negosiasi penawaran harga untuk suatu barang maupun jasa. Belajar dari sosok yang telah mengguncang dunia, Steve Jobs yang telah membentuk dunia komunikasi melalui karyanya. Selain hebat menciptakan produk fenomenal seperti iTunes dan iPhone, Steve Jobs juga dikenal sebagai negosiator yang ulung. Bahkan beragam penawaran krusial seperti Jobs meminta AT&T untuk mensubsidi pengguna iPhone serta tawaran pada Harper Collins untuk menerima $9 pembayaran e-book, semuanya bisa ia lakukan dengan sukses. 

Seperti apakah teknik negosiasi yang dilakukan Steve Jobs tersebut? 

1.Memberikan bukti yang valid pada saat negosiasi

Ketika melakukan proses negosiasi, Steve Jobs selalu membawa sekumpulan data dan dokumen-dokumen penting yang digunakan sebagai bukti bahwa Apple ingin membuat kesepakatan yang baik dengan pihak yang bersangkutan. Guna mendapatkan deal yang sesuai dengan apa yang ia inginkan, Jobs juga selalu memaparkan angka-angka yang detail untuk mendukung pendapatnya. 

2.Membiarkan lawan bicara memberikan penawaran terlebih dulu

Ketika sebuah pembicaraan bisnis berada pada tahap penawaran, Jobs selalu menahan diri bahkan diam. Hal ini ia lakukan untuk membuat lawan bicara berfikir dan membuat mereka bernegosiasi dengan diri mereka sendiri sehingga lawan bicara yang akan memulai berbicara mengenai pendapat mereka. 

3.Memberikan beberapa pilihan terbatas

Memberikan alternatif pilihan terbatas adalah hal yang dapat kita gunakan untuk memunculkan rasa takut lawan bicara dalam mengambil sebuah keputusan. Strategi yang dilakukan oleh Jobs ini adalah pilihan yang cukup menarik. Ketika anda melakukan strategi ini anda dapat memastikan bahwa apa yang anda tawarkan adalah pilihan yang paling terbaik.

4.Menggunakan pendapat pihak lain 

Menggunakan pendapat atau pernyataan orang lain dapat sangat membantu anda untuk semakin meyakinkan lawan bicara atas keputusan atau opsi yang anda berikan. Hal ini dapat anda lakukan dengan mengutip suatu hal berdasarkan teori ataupun sejenisnya. 

Anda dapat belajar dari trik Steve Jobs tersebut namun juga tidak melupakan bahwa ketika kita ingin melakukan negosiasi dengan lawan bicara, anda juga harus memberikan pelayanan yang sempurna supaya lawan bicara atau calon konsumen akan sangat bergantung dengan anda.