Sertifikasi Profesi di Bidang Ekonomi Kreatif

 

Saat ini telah digencarkan sosialisasi sertifikasi untuk bidang ekonomi kreatif oleh BEKRAF. Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) RI adalah lembaga pemerintah non kementerian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri yang membidangi urusan pemerintahan di bidang pariwisata. Bekraf RI merupakan badan yang pertama kali dibentuk oleh Presiden Joko Widodo, dan dikepalai oleh Triawan Munaf yang dilantik oleh Presiden pada tanggal 26 Januari 2015. Bekraf RI memiliki tugas membantu Presiden dalam merumuskan, menetapkan, mengoordinasikan, dan sinkronisasi kebijakan ekonomi kreatif di 16 subsektor, yaitu bidang aplikasi dan game developer, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film animasi dan video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, televisi dan radio.

Bekraf RI memiliki enam deputi untuk membidangi 16 sub sektor ekonomi kreatif, yang terdiri dari Deputi Riset, Edukasi, dan Pengembangan, Deputi Akses Permodalan, Deputi Infrastruktur, Deputi Pemasaran, Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi, serta Deputi Hubungan Antar Lembaga dan Wilayah.

Pada tanggal 12-13 November 2016 lalu, Teamwork Communication Industry diundang untuk menghadiri Focus Group Discussion Penyusunan Standar Kompetensi Profesi Bidang Ekonomi Kreatif yang diselenggarakan oleh BEKRAF dan kerjasama dengan Universitas Diponegoro. Dalam acara tersebut membahas perumusan kebijakan standarisasi kompetensi profesi  dan membahas tentang rekomendasi kebijakan sertifikasi kompetensi bidang ekonomi kreatif (Persyaratan, Alur, Level dan Metode Assesment untuk sertifikasi).

Sektor ekonomi kreatif memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi nasional. Sektor ini berjalan seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang membuat kompetensi industri ekonomi kreatif di lingkungan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), semakin menantang. Sebagai catatan, MEA tidak saja membuka bebas aliran barang, jasa dan investasi, melainkan juga tenaga kerja profesional yang berstandar internasional.

Bekraf RI melalui Deputi Fasilitasi HKI dan Regulasi, bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LESKOFI), berusaha mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif yang lebih kondusif untuk para pelaku ekonomi kreatif. Bagi anda yang ingin bekerja bahkan sudah bekerja di Industri Kreatif, siapkah anda untuk sertifikasi?